0 item in the bag

No products in the cart.

Fakta dan Alasan Kenapa Kita Butuh Digital Marketing

 

 

Setiap kali saya mengadakan Training tentang Digital Marketing atau Social Media Marketing, baik yang di hadiri para enterpreuner maupun para profesional muda, pertanyaan mereka rata-rata di awal training adalah sama “ Bang Yos , Kenapa kita semua ini butuh Digital Marketing dari bisnis konvensional yang selama ini kita jalani ? ”

 

“BANG YOS, KENAPA KITA BUTUH

DIGITAL MARKETING ? “

 

Untuk menjawab pertanyaan para Peserta Training yang pintar-pintar biasanya saya harus menyiapkan Fakta dan Alasan plus Bukti nyata yang mendukung kenapa kita sudah saatnya beralih dari cara-cara bisnis konvensional ke cara bisnis digital (baca: Digital Marketing), karena tanpa Fakta dan Alasan plus Bukti nyata, penjelasan menjadi hambar dan kurang berbobot, J .

Oke, saya mulai dulu dengan point penjelasan Fakta & Alasan berikut :

  1. Yang harus kita sadari adalah bahwa sekarang ini Faktanya kita sedang berada di jaman atau era yang sering disebut sebagai ERA of VUCA.
  2. Apa itu VUCA ? ; VUCA = Volatile (artinya: Perubahan yang sangat Cepat), Uncertainty (artinya: Situasi yang tidak Pasti), Complexity (artinya: situasi yang kompleks) dan Ambiguity (artinya : ambigu/ketidakjelasan)
  3. Dalam keadaan VUCA setiap Institusi/Unit Usaha baik itu Usaha Besar/Menegah/Kecil perlu berbenah agar mampu bertahan dalam era persaingan dan tidak mengalami keterperukan
  4. Salah satu perubahan yang harus dilakukan adalah dengan melakukan Digital Transformation khususnya dalam hal Digital Marketing apapun bentuk usaha dan unit bisnis anda.
  5. Social Media Marketing yang merupakan bagian dari Digital Marketing telah terbukti dapat mendukung sebuah Brand Awareness yang positif melalui Audience Social medianya.
  6. Masih ingat dengan istilah : “Word of Mouth Marketing” ? . Ya, sekarang ini istilah itu sudah bertranformasi menjadi “Word of Mouth now goes digital in Social Media”.

 

Selanjutnya Coba Perhatikan Ilustrasi Bukti Nyata pengaruh perubahan kekuatan Digitalisasi & Digital Marketing dibawah ini:

 

BUKTI 1

Tanpa harus menyebutkan merek kita sebut saja “ Si Biru “ Taxi yang menjadi idola saya sejak jaman sekolah dulu. “Si Biru” harus mengakui bahwa market mereka 5 tahun belakang tergerus oleh taxi online yang berbasis Teknologi Digital – yang menggunakan metode penjualan & pengenalan produknya melalui Digital Marketing.

“ Si Biru ” pun akhirnya mulai di periode 2016 dan 2017 merubah format bisnisnya dengan melakukan innovasi menggunakan apllikasi “My Blue Bird” serta berakuisi dengan applikasi taxi online “Go Car”.

 

BUKTI 2

Seperti Jamur dimusim hujan, Berita yang kita baca tentang sepinya dan mulai ditutupnya beberapa Gerai-Gerai Raksasa maupun Mall & Square yang dulu melegenda sebagai pusat elektronik atau pusat fashion yang disebabkan karena kalah bersaing dengan Bisnis Online.

Kembali… Sekali lagi bukti, Bisnis Online yang merupakan bagian dari Digital Marketing menjadi kambing hitam J keterpurukan bisnis Konvensional.

Saya berharap, dari penjelasan diatas terjawab sudah pertanyaan “ Kenapa Kita Butuh Digital Marketing? dan Kenapa kita harus merubah Cara Binis Konvensional ke Bisnis Digital / Online “

Agar kita mampu bertahan dan sukses di Era Digital saat ini dan akan datang .

Semoga Bermanfaat

Yoso Lukito